4 Cara Mendesain Rumah Menjadi Lebih Hijau

Bila Anda pengunjung setia GreenTravelers, maka Anda akan menemukan banyak sekali tips-tips untuk gaya hidup lebih hijau. Di bawah ini, GreenTravelers memberi 4 tips untuk mendesain rumah Anda di akhir minggu menjadi lebih hijau, lebih irit energi dan tentunya lebih irit biaya.

1. Pasang pintu kasa nyamuk. Yap, dengan pintu kasa, maka udara dalam sebuah ruangan bisa dengan mudah bertukar dengan udara luar. Udara yang dihirup juga lebih bersih (karena sirkulasi udara lancar) dan juga bisa menghemat pemakaian AC dalam ruangan.

2. Bersihkan saluran udara di rumah Anda. Bila Anda menggunakan AC secara berkala, usahakan juga sistem udara di situ juga dibersihkan secara berkala. Udara akan lebih mudah mengalir, tidak perlu suhunya didinginkan terus menerus sudah dingin. Menghemat energi dan mengurangi pemakaian freon.

3. Fungsikan jendela sebagaimana mestinya. Perlu diingat material yang menembus jendela bukan hanya cahaya saja, melainkan udara. Buat ventilasi yang cukup di rumah Anda. Jendela yang dibuka (kecuali rumah Anda di dekat proyek bangunan yang berpasir dan berisik) dapat mengalirkan udara yang bersih dan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Rumah lebih adem. Hemat AC juga.

4. Low-flow system. Jaman ini sudah banyak perkakas kamar mandi yang menyediakan fasilitas ‘low-flow‘ seperti flush toilet dan shower. Dengan ‘low-flow system‘, pemakaian air bisa dihemat. Tidak perlu membuang air berliter-liter hanya untuk menyiram pipis Anda.

Mari kita hidup lebih hijau bersama GreenTravelers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s