Apple Mengubah Dunia Pendidikan – Suatu Inspirasi Hidup Lebih Hijau

Apple Education Event

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila inovasi-inovasi yang diciptakan perusahaan komputer terbesar di Amerika ini selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Berbagai revolusi dalam penemuan smartphone hingga tablet mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Hebatnya lagi, Apple adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang peduli dengan lingkungan.

Tengok saja desain Macbook Pro yang menggunakan casing aluminium dan sedikit komponen plastik di dalamnya. Bahkan Apple sudah mulai menghilangkan penggunaan CD/DVD sebagai media installer dan menggantinya dengan toko online (yang tidak meninggalkan residu). Begitu pula dengan kabel yang digunakan, bahan yang digunakan sebagai pembuat lebih ramah lingkungan.

Nah, kali ini GreenTravelers membahas sebuah event yang diadakan Apple tanggal 19 Januari 2012 kemarin di New York. Sebelumnya tulisan ini bukan untuk mempromosikan Apple, namun lebih ke arah inovasi sebuah perusahaan yang notabene sudah besar tapi tetap memperhatikan lingkungannya.

Pendidikan

Jaman sekarang, di Amerika (dan bahkan di seluruh dunia) anak-anak yang bersekolah harus membawa buku-buku pelajaran. Satu buku untuk setiap mata pelajaran. Bahkan kadang-kadang satu mata pelajaran bisa mempunyai lebih dari satu buku (buku paket, catatan dan buku latihan). Anak-anak kita dipaksa untuk membawa buku-buku tersebut ke sekolah, dimasukkan ke dalam sebuah tas ransel (backpack) dan dipanggulkan ke bahu mereka. Hal ini jelas mempengaruhi pertumbuhan fisik anak-anak kita. Tak jarang anak-anak menjadi lebih bungkuk karena membawa beban terlalu berat di pundak mereka sedari kecil.

Di samping itu, harga sebuah buku pelajaran tidak murah. Ongkos cetak, kertas yang digunakan dan penjilidan membuat satu buku paket bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Semakin banyak kertas yang digunakan, semakin banyak pohon yang ditebang untuk produksi kertas. Semakin banyak pohon ditebang, semakin sedikit area hutan dan dampaknya bumi makin panas. Apakah buku fisik untuk pendidikan anak-anak tepat di jaman sekarang? Tidak, karena jaman sudah berubah.

Terobosan Apple

Apple memberikan sebuah inovasi yang baru dalam dunia pendidikan. Ia menawarkan sebuah sistem pendidikan bukan dengan buku fisik. Semua buku-buku dan diktat-diktat itu bisa dimasukkan ke dalam satu peranti yang tipis, ringan dan mudah dibawa-bawa. Tumpukan buku-buku pelajaran tersebut tidak perlu dibawa lagi karena seluruh isinya bisa dimasukkan ke dalam iPad (atau tablet). Alasannya sangat sederhana: bisa menghemat uang para orang tua dengan harga buku yang lebih murah. Selain itu anak-anak juga tidak perlu membawa berkilo-kilogram buku pelajaran yang akan membuat mereka bungkuk. Keunggulan lainnya dari pembelajaran lewat tablet adalah di tablet kita bisa menikmati animasi-animasi yang menarik ketimbang tulisan dan gambar dua dimensi yang statis.

Tapi yang terpenting bagi GreenTravelers, poinnya adalah penghematan kertas. Buku dan diktat pelan-pelan akan digantikan oleh tablet, yang membuat semakin sedikit penggunaan kertas di bumi. Semakin sedikit penggunaan kertas, semakin sedikit pohon yang ditebang untuk dijadikan bahan baku kertas. Bumi tentu saja kita harapkan akan lebih hijau. Dan tentulah merk besutan Steve Jobs ini akan memperoleh tempat di hati para pecinta lingkungan karena telah merevolusi sesuatu yang membuat hidup kita lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s