Gajah Sumatera Terancam Punah

Gajah Sumatera
Gajah Sumatera

Kepunahan, artinya tidak akan ada lagi spesies yang sama di muka bumi ini. Selamanya spesies yang sama tidak akan bisa ditemukan lagi di sudut manapun di bumi ini. Salah satu yang menjadi sorotan WWF (World Wildlife Fund) adalah terancam punahnya gajah Sumatera. Dalam rilis resmi situ WWF tanggal 24 Januari lalu, status gajah Sumatera dinaikkan dari “Terancam” menjadi “Sangat Terancam”. Dikhawatirkan populasi gajah Sumatera ini akan punah dalam 30 tahun.

Jumlah populasi gajah ini menurun dari angka 5.000 ekor pada tahun 1985 menjadi 2.400 – 2.800 ekor saja. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan populasi adalah habitatnya. Meskipun undang-undang Indonesia melindungi, tetapi sebagian besar dari populasi gajah ini hidup di luar area konservasi. Hal ini tejadi karena penggundulan dan konversi hutan menjadi area perkebunan yang menyebabkan habitat gajah-gajah ini semakin berkurang.

Padahal Sumatera termasuk daerah yang memiliki habitat gajah terbesar di dunia setelah India dan Sri Lanka. Tapi Sumatera juga termasuk wilayah yang tingkat penggundulan hutannya tertinggi di dunia. Sumatera kehilangan dataran rendah alami sebanyak dua per tiga bagian hutan dalam kurun waktu 25 tahun ini. Padahal dataran rendah ini habitat yang ideal untuk gajah Sumatera.

“Hewan ini akan segera punah,” kata Dr. Carlos Drew dalam rilis resmi tersebut.

Penggundulan hutan penyebab berkurangnya populasi ini terjadi banyak di Provinsi Riau. Di sana, sekitar 80% jumlah gajah berkurang. Artinya, 6 dari 9 gajah menghilang di provinsi tersebut.

Kini saatnya pemerintah Indonesia lebih memperhatikan keselamatan dari spesies-spesies yang “dititipkan” Sang Pencipta kepada negara kita ini. Jangan sampai anak-cucu kita kelak hanya bisa melihat gajah Sumatera (dan spesies terancam lainnya) lewat buku cerita atau foto saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s