Shaggydog Rekam Single Kampanye Selamatkan Orangutan

ShaggydogJakarta – Shaggydog, band ska/reggae terkemuka asal Yogyakarta belakangan ini dikabarkan tengah berada di studio rekaman guna merekam singleterbaru mereka yang bercerita tentang upaya penyelamatan orangutan di Indonesia (#saveorangutans).

”Ini salah satu upaya kami untuk berpartisipasi di gerakan penyelamatan orangutan di Indonesia. Sekaligus meningkatkan awareness anak-anak muda bahwa orangutan itu adalah salah satu kekayaan Indonesia yang patut dilindungi,” jelas Heru, vokalis Shaggydog ketika dihubungi Rolling Stone viaBlackBerry Messenger.

Single yang sementara ini diberi judul ”Selamatkan atau Hilang” ini nanti rencananya akan disebarluaskan secara gratis (freeshare) via online.
”Musiknya ada unsur ska-nya dikit, menggunakan string section juga. Dan ada nuansa lagu anak-anak seperti Tasya gitu. Biar anak kecil juga tertarik untuk mendengarkan lagu ini,” imbuh Heru lagi tentang gaya musiksingle terbaru tersebut.

Shaggydog terakhir kali merilis album Bersinar pada Agustus 2009 via label Fame. Sejak tiga tahun yang lalu mereka belum merilis materi baru apapun.

Heru menambahkan album terbaru Shaggydog secara tentatif dijadwalkan bulan April 2012 telah beredar di pasaran, hingga kini mereka telah memiliki stok sebanyak 30 lagu baru yang siap direkam dalam waktu dekat.

Namun ia sendiri mengaku masih belum tahu siapa yang akan merilis album baru ini nantinya mengingat band ini sekarang berstatus tanpa label rekaman dan tanpa manajer.

”Sekarang Shaggydog dipegang bareng-bareng (personel), dengan divisi masing-masing. Aku pegang studio dan produksi musik sementara teman-teman yang lain memegang merchandise dan sebagainya,” jelas Heru yang juga memiliki proyek bernama Dub Youth dan tahun lalu sempat menggelar tur di Prancis.

Formasi band yang telah terbentuk sejak 1 Juni 1997 ini adalah Heru (vokalis), Richard (gitar), Raymond (gitar), Bandizt (bass), Lilik (keyboards) dan Yoyo (drums). Hingga sekarang mereka telah merilis lima album studio Shaggydog (1999), Bersama (2001), Hot Dogz (2003), Kembali Berdansa (2006) dan Bersinar (2009).

Album keempat mereka Kembali Berdansa (Pops) pada Desember 2007 berhasil menduduki posisi nomor 137 dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone.

(Sumber: Rolling Stone)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s