Gunung Bromo

SIapa tak kenal gunung Bromo? Gunung satu ini terletak di Jawa Timur dan merupakan salah satu objek wisata yang menarik wisatawan baik lokal maupun asing. Gunung berapi yang masih aktif ini menyimpan banyak pesona keindahan dan suasana yang sejuk.

Bromo

Perjalanan menggunakan mobil dari Surabaya sekitar 4 jam dengan menggunakan jalur darat. Tidak sulit mengakses gunung ini, selain di sekitar area sudah banyak penginapan, papan penunjuk jalan juga jelas. Hanya saja menuju ke Bromo pada malam hari harus hati-hati karena jalan pegunungan dengan tikungan tajam dan minimnya penerangan jalan.

Perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi (atau sewaan) akan berhenti pada satu stop point. Di stop point ini, sambil menunggu jam nya untuk naik ke Penanjakan, Anda bisa menikmati mie goreng atau rebus dan juga sambil ngopi. Hawa di sini sudah cukup dingin. Jadi siapkan jaket dan baju dingin Anda.

Sambil ngopi, Anda bisa mulai mencari informasi untuk sewa mobil jip (atau istilahnya hardtop) untuk menuju Penanjakan dan melihat sunrise (matahari terbit). Rata-rata sewa sebuah hardtop adalah 300 ribu. Sebenarnya Anda bisa naik ke Penanjakan dengan berjalan kaki, tapi hal ini hanya disarankan kepada orang-orang yang sering naik ke Bromo. Siapkan helm teropong kalau Anda mau berjalan kaki.

Jam 2.30 pagi, Anda sudah harus bersiap-siap berangkat menuju Penanjakan (puncak Bromo). Bila Anda mengikuti saran saya sebelumnya dengan menyewa hardtop, selama perjalanan menuju ke Penanjakan, Anda akan melihat banyak orang-orang yang berjalan kaki dan memakai helm teropong. Anda juga akan melewati padang pasir yang gelap (yang hanya disinari lampu mobil). Tapi yang terpenting adalah cuacanya yang dingin, yang kadang-kadang bisa mencapai 2 derajat celsius. Nikmatilah perjalanan Anda menuju puncak, melewati padang pasir dan dinginnya pegunungan.

Bromo

Usahakan tiba di puncak pada jam 3.30 pagi untuk mendapat tempat terbaik melihat matahari terbit. Di Penanjakan, Anda juga dapat melihat gunung Semeru di kejauhan, serta kawah dan pura Hindu yang terdapat di sana. Mulailah berimajinasi: bagaimana mereka membangun sebuah pura di tengah-tengah padang pasir seperti ini?

Sekitar jam 5 pagi, matahari mulai terbit dan Anda bisa menikmati sensasi keindahan fajar yang menyingsing. Siapkan kamera Anda, dan mulailah memotret. Cahaya matahari pagi juga membuat kawah Bromo semakin indah bila difoto dari atas.

Bila Anda sudah puas menikmati matahari terbit, jangan terburu-buru untuk turun. Mintalah driver dari hardtop itu untuk mengantar Anda ke beberapa objek favorit di Bromo: Pasir berbisik, padang pasir, kawah Bromo dan pura-nya.

Pasir Berbisik Bromo

Sensasi Bromo dengan keindahan padang pasir yang mempesona. Di sana cocok juga untuk lokasi syuting pre-wedding, film dan dokumenter. Dikarenakan gunung Bromo adalah gunung yang masih aktif, maka ada kalanya tidak bisa dikunjungi wisatawan, seperti pada tahun 2010 yang lalu. Namun bagaimana pun, Bromo menyimpan pesona keindahan alam Indonesia yang tidak terdapat di negeri tetangga.

3 thoughts on “Gunung Bromo

  1. Bromo Tanjung Pondok Tani
    Dalam rangka memperkenalkan “Tengger-Bromo” dari segala aspek, menginap di pondok tani tanjung-tosari, ^*DI HARI KERJA CUKUP MAMBAYAR DNG SUKARELA (TANPA TARIF)*^
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 99.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)
    TARIF HARI LIBUR :
    @.kamar los + 2 km mandi luar, dapur, teras serba guna, kapst: 8 s/d 16 orang. Rp.250.000,-/malam.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.150.000,- /malam.
    @ fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    # hub per sms/tlp: *081249244733-085608326673 (Elie)*-* 081553258296-081385458993 (Dudick).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s