Sempu Island

Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa. Salah satu daya tarik Indonesia di mata internasional adalah laut dan keindahan pantainya. Beruntunglah kita hidup di negara yang kaya akan keindahan dan hasil alam ini.

Nah kali ini GreenTravelers akan membahas tentang salah satu pesona di pantai selatan Jawa. Pantai selatan Jawa berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pesona pantai yang belum terjamah tangan kotor manusia masih bisa ditemukan di pulau Jawa ini. Lokasi ini terletak di Jawa Timur. Namanya Pulau Sempu.

pulau sempu

Sempu terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Malang bagian selatan. Dari Surabaya, perjalanan bisa ditempuh selama 5 jam. Menuju Malang, kemudian terus saja ke arah selatan, ikutin papan penunjuk yang bertuliskan “Pantai Sendang Biru“. Jalannya berkelok-kelok, sempit dan agak berbahaya. Tapi memang seperti itulah perjuangan mencapai suatu tempat yang indah. Harus dengan pengorbanan.

Pantai Sendang Biru

sendang biru

Pantai Sendang Biru adalah “pintu masuk” menuju pulau Sempu. Mayoritas warga di pantai ini bekerja sebagai nelayan. Ada juga beberapa yang menyewakan kapal untuk penyeberangan ke pulau Sempu.

Di dalam perkampungan Sendang Biru terdapat alun-alun yang banyak menjual makanan. Apabila Anda berkunjung ke sana sore-sore, maka Anda akan menemukan banyak warung yang menjual makanan seperti bakso. soto dan sate. Jangan lupa sempatkan diri Anda menyantap ikan bakar di salah satu warung di ujung perkampungan Sendang Biru. Harganya relatif murah dengan ikan yang berukuran sangat besar dan sambalnya… pedasnya mantap! Layak dicoba.

Jangan lupa bila Anda melakukan perjalanan kembali ke Malang atau Surabaya (atau kota lain), sempatkan beli hasil tangkapan ikan di Sendang Biru. Selain masih segar, harganya juga terpaut jauh lebih murah ketimbang di kota.

Pulau Sempu – trekking

trekking pulau sempu

Anda harus meminta ijin dulu ke kantor di Segara Anakan sebelum memasuki pulau Sempu. Selain itu, makanlah lebih dahulu sebelum menyeberang. Sembari itu, carilah persewaan kapal untuk mengantar Anda dan rombongan ke pulau Sempu.

Trekking di pulau Sempu tidak lagi semudah tiga tahun lalu ketika GreenTravelers berkunjung ke sana untuk pertama kali. Kala itu, kondisi tanah masih padat dan sangat mudah dan aman untuk dilewati. Kita hanya perlu berjalan “seperti biasa”.

Namun kini Sempu sudah terlalu banyak dikunjungi. Ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang sering hujan, membuat tanah menjadi becek dan licin untuk dilewati. Berkali-kali para trekkers yang datang kehilangan sandal karena ditelan lumpur yang tingginya hingga selutut orang dewasa.

Berhati-hatilah ketika trekking di pulau Sempu. Saran GreenTravelers, belilah sepatu boot trekking di Sendang Biru dahulu dan sewalah pemandu. Sepatu boot itu memiliki semacam “duri” di bawahnya dan didesain untuk berjalan di atas lumpur. Sedangkan pemandu Anda butuhkan untuk menunjukkan shortcut sekaligus track yang mudah dilewati.

Trekking kurang lebih satu setengah jam dengan kondisi tanah yang bagus dan bisa menjadi dua setengah jam. Tergantung cuaca dan kondisi track yang dilewati. Menjelang sampai di Segara Anakan, Anda akan mendengar suara deburan ombak sayup-sayup di kejauhan dan Anda akan melewati tebing curam yang berbahaya. Salah seorang GreenTravelers pernah jatuh dari tebing itu dan untunglah hanya lecet-lecet karena jatuh di atas pasir (dan untungnya bukan batu).

Segara Anakan

pulau sempu

Inilah tujuan sebenarnya kunjungan kita ke pulau Sempu: Segara Anakan. Sebuah laguna yang dipagari dengan tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi di satu sisinya dan berbatasan dengan topografi bukit pulau Sempu yang indah. Air laut yang masuk melalui Karang Bolong dan celah-celah pulau membuat sebuah pemandangan indah yang tak terlupakan. Pasir pantainya halus dan putih. Sebuah laguna yang mirip dengan setting film “The Beach”.

Bila Anda hobi snorkeling, bawalah perlengkapan Anda dan mulailah masuk ke air. Bila pas sedang pasang, Anda dapat berenang ke sisi jauh dari laguna. Dan bila Anda beruntung, Anda akan bisa melihat keragaman satwa laut yang tidak akan Anda temukan setiap harinya: ikan berwarna biru cerah, gurita dan mungkin penyu.

Anda juga dapat memanjat tebing di sisi kiri pantai (tebing dengan batu-batu tajam) untuk melihat deburan ombak ganas ala samudera. Berhati-hatilah memanjati batu-batu itu dan usahakan memakai alas kaki karena batu hitam itu cukup tajam.

pulau sempu

Bila Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini, pilihlah lokasi yang agak ke dalam, karena pasan-surut di tempat ini cukup drastis perubahan volumenya. Usahakan membawa kayu bakar sendiri untuk membuat api unggun tanpa memotong dari pohon-pohon di pulau Sempu. Jangan lupa bawa minyak tanah dan korek dari pulau utama sebelum kemping.

Sayangnya pada kunjungan terakhir GreenTravelers di tahun 2011 ini cukup mengecewakan dibanding kunjungan tiga tahun lalu. Terumbu karang di Sempu sudah banyak yang rusak dan hilang dicuri (atau dipetik). Satwa air yang dulunya mudah ditemukan, sekarang sudah jarang. Sampah di mana-mana. Dan bagi yang bermain bola, berhati-hatilah dengan beling botol yang tertutup pasir. Ini semua akibat kurang bertanggung jawabnya orang-orang yang berkunjung di pulau Sempu.

Jangan lupa, jangan pernah meninggalkan sampah apapun di pulau Sempu. Mari kita bersama-sama menjaga keindahan alam Indonesia, warisan dan aset dunia ini. Bila kita sebagai warga Indonesia saja tidak bisa menghargainya, bagaimana pesona alam kita bisa menarik di mata negara lain. Betul tidak?

4 thoughts on “Sempu Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s