Saingan Fast Food: “Slow Food”

Selama ini, makanan yang kita kenal sebagai makanan cepat saji atau fast food semakin cepat perkembangannya. Hari ini GreenTravelers akan mengangkat tema tentang gerakan yang menjadi rival dari fast food: “Slow Food”.

Slow Food adalah sebuah organisasi global yang berasal dari Italia dengan suporter di lebih dari 150 negara di seluruh dunia yang menghubungkan antara kenikmatan makanan enak dan komitmen mereka akan lingkungan. Orang-orang yang sangat mencintai makanan mereka dan peduli akan lingkungan dan masyarakat.

Slow Food didirikan tahun 1989 di Italia sebagai wujud dari pesatnya perkembangan makanan cepat saji (fast food) dan hilangnya makanan tradisional serta ketertarikan masyarakat untuk menikmati makanan tradisional ini: dari mana makanan itu berasal, bagaimana rasanya dan bagaimana pilihan makanan kita bisa berdampak di seluruh dunia. Seperti kita tahu, fast food merupakan akar dari sebagian besar permasalahan obesitas anak, beberapa penyakit kronik dan gizi tidak seimbang.

Saat ini Slow Food sudah mempunyai lebih dari 100,000 anggota di seluruh dunia, termasuk juga sebuah jaringan dari 2,000 komunitas pangan yang melakukan “sesuatu” untuk memperbaiki kualitas pangan di dunia.

Salah satu program Slow Food adalah memperbaiki kualitas pangan dunia yang akan berdampak pada kesehatan dan kecerdasan anak-anak, sehingga secara otomatis akan menciptakan sebuah masa depan yang lebih cerah untuk generasi penerus kita.

Program lainnya dari Slow Food adalah ” A Thousand Gardens in Africa”, sebuah kegerakan yang bertujuan menciptakan seribu kebun yang menghasilkan bahan pangan di sekolah, rumah dan sebagainya di 25 negara Afrika. Tujuannya agar kebutuhan pangan masyarakat Afrika terpenuhi dan tidak ada lagi kelaparan di sana.

Nah, berikutnya ada dua kabar baik yang akan GreenTravelers sampaikan. Yang pertama, GreenTravelers sudah bergabung menjadi member dari Slow Food lho. Yang kedua, ternyata Slow Food punya basis di Indonesia juga: di Ubud Bali dan di Jakarta.

Tertarik? Coba kunjungi website resmi mereka.

Ayo! Jadilah bagian dari kegerakan untuk menjadikan bumi ini lebih baik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s