Green Lantern? Green Hornet? No, it’s Green Ambassador!

Sudah pada nonton Green Hornet? Untung ketika film ini diputar, film asing masih belum dicekal. Pasti banyak di antara penggemar film sudah menonton film ini. Kalau Green Lantern mungkin nasibnya tidak sebaik saudaranya Green Hornet karena hingga saat ini belum masuk Indonesia.

Lantas, siapakah Green Lantern dan Green Hornet itu? Mereka adalah tokoh superhero kartun anak-anak yang kemudian diadaptasi menjadi film bioskop. Persamaan dari kedua tokoh “Green” ini adalah mereka superhero yang senantiasa menjaga perdamaian bumi dari ancaman si jahat yang mencoba mengacaukannya. Sifat mereka begitu heroik, tanpa pamrih sehingga hampir semua anak-anak mengidolakan para tokoh superhero ini. Well, bukan hanya Green Hornet dan Green Lantern saja, melainkan hampir semua tokoh superhero menjaga perdamaian dunia. Jujur saja ketika kecil saya sangat mengidolakan Spiderman. Semua anak-anak ingin menjadi superhero!

Tapi seiring betambah dewasanya seseorang, kita menyadari kalau superhero tersebut adalah rekaan semata, fiksi dan khayal. Kekuatan super itu tidak ada. Juga hingga saat ini belum ada cerita seseorang yang berhasil mendapatkan kekuatan super dari luar angkasa, ataupun setelah digigit laba-laba. Kita pun mulai meninggalkan sifat kanak-kanak tersebut. Seolah ingin menutupi kekecewaan kita, kita bahkan merasa bumi ini aman-aman saja: tidak ada ancaman dari luar angkasa, dokter gila yang ingin menguasai dunia dan sebagainya. Bumi ini baik-baik saja. Superhero hanyalah omong kosong!

Apa benar begitu? Teruslah membaca hingga akhir tulisan ini dan percaya atau tidak, Anda juga bisa menjadi seorang superhero!


Waktu kecil saya ingin sekali menjadi seorang yang mampu mengendalikan elemen seperti air, api dan angin. Saking berkhayalnya, semasa saya duduk di bangku SMP saya pun sempat menulis beberapa cerita pendek yang kuberi nama RPN (Role Playing Novel). Di situ diceritakan saya adalah seorang superhero yang melindungi bumi ini dari invasi dimensi lain. Di akhir cerita, musuh berhasil diusir dan bumi berhasil diselamatkan.

Ketika tumbuh dewasa, seperti orang kebanyakan, saya pun sadar semua superhero adalah cerita fiksi belaka. Tidak ada kekuatan super, tidak ada invasi dari dimensi lain. Bedanya, saya masih bercita-cita untuk menjadi seorang pahlawan yang melindungi bumi.

Hingga akhirnya aku sadar, bumi saat ini tengah terancam. Bukan dari invasi alien, dokter gila yang hendak menguasai dunia, dll, melainkan bumi ini tengah menuju kehancuran oleh karena ulah manusia sendiri.

Hal sederhana yang menjadi bukti bumi ini terancam adalah: global warming.

Dan melihat bumi ini terancam, sudah menjadi tugas seorang “superhero” seperti saya untuk melindungi bumi ini. Eng ing eng….!!! Superhero tanpa kekuatan super: Green Ambassador!!

Ya, semua dari kita bisa menjadi superhero. Kita bisa melindungi bumi yang kita cintai ini dari kehancuran. Kita bahkan tak perlu kekuatan super untuk melakukannya. Yang kita perlukan hanya dua bentuk kekuatan biasa yang bernamakan “kesadaran” dan “take action”.

Sadar kalau setiap dari kita adalah superhero penjaga bumi ini. Sadar akan kondisi bumi yang semakin bobrok. Sadar akan kelangsungan tempat tinggal kita untuk generasi anak cucu kita.

Take action dengan mulai menjaga kebersihan dan kelestarian bumi. Menyelamatkan hutan, melindungi laut, menjaga kualitas tanah dan udara. Tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi emisi gas buangan, hidup sehat dan bersih, mengurangi plastik, daur ulang material dan sebagainya.

Dengan kedua “kekuatan” itu, maka lahirlah juga seorang superhero Green Ambassador baru. Green Ambassador bertugas menyadarkan orang-orang agar semakin peduli dengan bumi ini, menginspirasi orang untuk hidup hijau, dan melindungi bumi ini.

Dan saat ini kami sudah menjadi seorang superhero tanpa kekuatan super. Apa bedanya Green Ambassador dengan Green Lantern atau Green Hornet, toh tugas kami adalah sama: menjaga kelangsungan hidup di bumi ini dan bumi ini sendiri. Lalu, siapa yang hari ini ingin menjadi seorang superhero??

Be a superhero, be a Green Ambassador! Go Green!!

6 thoughts on “Green Lantern? Green Hornet? No, it’s Green Ambassador!

  1. Yaaa betuulll,,kita semua bisa jd pahlawan utk diri kita dan tentunya utk bumi kita…kita hrs sadar akn keadaan bumi,,kita harus lbh peduli lagi dgn alam ini,,jgnlah kita merusak alam yg telah dianugerahkan ALLAH…mari jaga alam ini .ada sebuah ungkapan dr seseorang bernama bang idin “alam ini bukan warisan nenek moyang,tapi titpan anak cucu kita” kata titipan itu adalah sbg sebuah amanah,dan amanah itu hrs kita jaga dan sampaikan dgn baik. Salam Hijau green ambassador

  2. And I want to be a blue ambassador – who save the sea. huahhaha…
    thanks all for your comments. There’s a hero lies in everyone’s inside (lagu Mariah Carey – “Hero” mode: On)

  3. nice story james! sangat inspiratif! saatnya menjadi pahlawan untuk bumi ini, menjadi inspirasi untuk kebenaran tidak ada salahnya, “Green Ambassador” bukan sebuah karangan fiktif belaka,kalian semua pun bisa menjadi “Green Ambassador” diberbagai bidang yang kalian geluti saat ini. Berbuat sesuatu untuk kita sendiri sudah sangat menyenangkan bukan,apalagi bila kita bisa berbuat sesuatu untuk orang lain, pastinya bisa jauh lebih menyenangkan karena yang merasa bahagia bukan hanya kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s