Badai Matahari Ganggu Penerbangan dan Komunikasi

LONDON–MICOM: Selama beberapa dekade, badai matahari tampaknya semakin menganggu pesawat terbang dan luar angkasa. Demikian disampaikan oleh para peneliti dari Reading University.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Geophysical Research Letters ini memprediksi suatu saat matahari akan mengalami pergeseran ke bawah dan menjadi lebih dekat dengan bumi.

Kondisi itu akan menimbulkan radiasi berbahaya yang menjangkau bumi.

Tim peneliti mengatakan beberapa saat terakhir ini matahari mencapai solar maksimum, yaitu suatu periode di mana lidah api dan bintik matahari akan mencapai aktivitas puncaknya.

Fase ini mulai terjadi pada 1920-an dan sepanjang usia angkasa luar.

Profesor dari Reading University, Mike Lockwood, mengatakan: “Seluruh bukti menunjukkan matahari dalam waktu dekat tidak lagi mencapai solar maksimum dan aktivitas di kutub matahari malah akan mengalami penurunan.”

“Siklus puncak solar maksimum terjadi tiap 11 tahun, dan lingkaran bintik matahari lebih besar dan jangkauan lidah api serta aktivitas lainnya lebih luas.”

“Di sisi lain ketika solar minimum terjadi hampir tidak ada bintik pada matahari selama beberapa dekade. Kondisi ini terjadi pada masa Maunder Minimum, antara tahun 1650-1700.”

Penelitian ini mengindikasikan bahwa sebagian besar radiasi mengenai bumi selama periode aktivitas matahari yang cukup.

Peningkatan radiasi akan menyebabkan masalah pada penerbangan dan teknologi komunikasi yang belum ada ketika lingkar matahari mengakhiri masa solar maksimumnya.

Penelitian mendasarkan temuannya pada bukti dari gunung es dan batang pohon yang kondisinya mirip dengan 10.000 tahuh lalu.

Tim menyakini tingkat nitrat dan isotop kosmogenik akan memasuki atmosfir dan disimpan dalam es dan material organik.

“Kami menggunakan data ini untuk menyatakan bahwa kombinasi yang tidak menguntungkan dari kondisi matahari akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang,” kata Professor Lockwood.

“Pertanyaannya hanya seputar bagaimana kemungkinan terburuk dari radiasi dan sampai kapan akan terjadi.” (BBC/OL-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s