Keyboard Ramah Lingkungan – Tenaga Matahari

Produsen piranti komputer seperti mouse dan keyboard, Logitech, baru-baru ini menelurkan satu inovasi dalam produknya: Solar-powered Keyboard (atau keyboard bertenaga surya).

Keyboard yang diberi nomor seri K750 dan wireless ini sepertinya serba “hijau” dalam segala halnya (kecuali warnanya yang hitam atau putih). Mulai dari bahan keyboard yang bebas PVC (plastik), packaging yang terbuat dari materi daur ulang,  tanpa buku manual yang terbuat dari kertas dan hanya membutuhkan cahaya untuk menghidupkannya.

Dua solar panel di sisi atas berfungsi untuk men-charge baterai bahkan dalam keadaan ruangan remang-remang. Ketika keyboard ini dikeluarkan dari bungkusnya, baterai sudah terisi 50% hanya dengan menaruh di bawah sinar matahari selama 15 menit.

Aplikasi yang bisa didownload gratis membuat keyboard ini semakin menarik. Dengan satu tombol tertentu kita bisa melihat berapa tenaga yang tersimpan dalam baterai dan sekaligus lampu indikator merah/hijau untuk status tenaga baterai.

Desainnya yang minimalis dan nyaman khas Logitech membuat pengguna nyaman dalam mengetik. Unifying USB Receiver yang umumnya dipakai di piranti Logitech lainnya mampu menghubungkan antara piranti dengan PC/laptop ataupun dengan piranti Logitech lainnya secara nirkabel (wireless).

Opini GreenTravelers: satu terobosan baru setelah laptop bertenaga surya. Seharusnya semakin banyak produsen yang membawa tema “hijau” dalam pengembangan produknya. Produk-produk yang ramah lingkungan, sedikit plastik, packaging yang minimalis itulah yang dibutuhkan untuk mengurangi limbah elektronik yang tidak terpakai lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s