Pakaian Yang Terbuat dari Susu… yup, susu!

 

Ande Domaske baru-baru ini meluncurkan koleksi busananya musim panas ini. Desainer Jerman ini berhasil memadukan fashion dan ilmu pengetahuan secara unik. Rancangan Ande yang pernah mempelajari mikrobiologi dan sekolah tata busana di Jepang ini selalu menjadi langganan artis-artis Hollywood dan bahkan mempunyai brand fashion sendiri. Dan kini, busananya terbuat dari susu… iya, susu.

“Saya tidak bisa mempercayainya, tapi wanita-wanita ini memakai busana yang terbuat dari susu — iya, cairan berwarna putih itu,” tulis Jesus Diaz pada artikel Gizmodo.

Sejujurnya, memang sulit dipercaya. GreenTravelers sendiri masih terheran-heran.

Satu pertanyaan yang muncul, “Susu seperti apa yang merupakan bahan dasar kain unik ini?” Menurut Ande, benang-benang dari kain tersebut dipintal dari susu yang “tidak standar” yang biasanya dibuang. Jadi selain sebagai alternatif katun, sebenarnya pembuatan kain ini juga mengurangi limbah hasil pangan, mengurangi pemakaian pestisida (pada tanaman kapas) dan juga ramah lingkungan. Era green fashion segera tiba.

Kain yang terbuat dari susu ini sangat halus meskipun sebenarnya dibuat dari susu asam (setelah melalui eksperimen bertahun-tahun). Hasilnya, kain ini memiliki sentuhan selembut sutra, namun dengan harga bahan dasar yang lebih murah dan lebih kuat dari sutra (sehingga bisa dicuci seperti biasa).

Desain busana ini dijual mulai dari harga 150 – 200 euro. Dan bocorannya, Ande tengah mempersiapkan koleksi busana pria dari bahan dasar susu ini. Ada yang tertarik?

Untuk lebih jelasnya simak videonya.

One thought on “Pakaian Yang Terbuat dari Susu… yup, susu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s