Wisata Kota Surabaya

3 Dec

Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia, dan sekaligus merupakan kota terpanas di Indonesia. Namun tinggal di Surabaya tetap merupakan satu keberuntungan tersendiri. Di samping pernah dinobatkan sebagai kota terbersih se-Indonesia, Surabaya juga tidak semacet Jakarta namun dengan fasilitas lengkap khas metropolitan yang lengkap.

Bagi Anda yang berdomisili atau yang hanya berjalan-jalan mengunjungi Surabaya, berikut adalah daftar beberapa tempat wisata yang bisa dijadikan panduan (menurut versi GreenTravelers sendiri) dan objek foto. Tidak terlalu detail sih, saking besarnya Surabaya (kebanyakan tempat yang harus dibahas). :p

Pusat Perbelanjaan

Tunjungan Plaza Surabaya

Seperti layaknya kota-kota besar lainnya, Surabaya memiliki banyak pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar. Beberapa mall besar di Surabaya yang memiliki fasilitas lengkap adalah Tunjungan Plaza (TP), Surabaya Plaza (Delta), Galaxy Mall (GM), Supermall (PTC), Grand City (GC) dan Ciputra World (CW). Di mall-mall tersebut dipenuhi gerai-gerai yang menjual produk internasional seperti Zara, Point Break dll, juga gerai-gerai nasional lainnya. Yah, seperti mall kebanyakan lah.

Bila Anda mencari tempat shopping untuk oleh-oleh atau barang yang bisa ditawar, kunjungi Pasar Atum (Atum Mall), Pusat Grosir Surabaya (PGS), ITC atau Darmo Trade Center (DTC). Semuanya menjual barang-barang produksi lokal dengan harga miring dan bisa ditawar. Tapi ingat beberapa toko tidak menjual barang secara eceran. Jadi, puas-puaskan hasrat mencari barang murah dengan kualitas lumayan.

Hang-out Places

Sutos

Sutos! Yap, Surabaya Town Square masih merupakan favorit utama para anak muda yang suka hangout malam minggu atau sekedar pertemuan bisnis. Dengan cafe-cafe yang mendominasi hampir 90% Sutos, membuat Anda tidak ingin cepat pulang rumah.

Food Festival (FF) juga merupakan alternatif hangout yang menarik bagi Anda yang sudah berkeluarga. Kalau menurut gambaran GreenTravelers, FF ibarat sebuah pasar malam yang dimanajemen dengan baik, kebersihan  yang luar biasa, makanan yang lengkap dan fasilitas permainan yang unik di Surabaya. Ada sepeda gowes, bouncy, kuda-kudaan, kereta kelinci hingga becak. Dan semuanya ini dikemas dengan apik dan dengan harga yang wajar.

House of Sampoerna

House of Sampoerna

Di sini Anda bisa menyaksikan museum Sampoerna mulai dari jaman dulu sampai sekarang. Di sana juga terdapat cafe Sampoerna yang menyajikan makanan-minuman dengan desain ruangan yang minimalis dan klasik. Selain itu juga, GreenTravelers menyarankan Anda untuk ikut tur keliling Surabaya yang diadakan setiap hari oleh House of Sampoerna. Dengan biaya yang cukup murah, Anda sudah bisa berkeliling Surabaya dalam satu hari.

Tugu Pahlawan, Balai Pemuda, Hotel Mojopahit, Jembatan Merah

Tugu Pahlawan

Surabaya terkenal sebagai kota yang senantiasa menjaga nilai-nilai historis, baik dari segi penerapan budaya sosial, hingga perawatan gedung bersejarah. Di Surabaya, 3 bangunan tersebut yang memiliki kaitan paling dekat dengan sejarah masa lalu. Bila sempat, lewati ketiga objek wisata ini dan Anda akan melihat bahwa Surabaya masih tetap menjaga nilai historisnya.

Jalan Gula dan sekitarnya

jalan Gula

Bagi Anda penggemar fotografi dan berdomisili di Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan nama jalan ini. Di jalan Gula, Anda akan menemukan spot foto yang sangat klasik, khas kota tua. Bangunan-bangunan di sini masih sangat er… tua. Dengan tembok yang masih berbatu-bata dan arsitektur bangunan klasik, membuat jalan Gula dan sekitarnya menjadi objek foto favorit.

Mangrove

Mangrove Surabaya

Tempat wisata yang boleh terbilang baru di Surabaya ini sedang menjadi tempat favorit para fotografer. Menemukan sebuah “hutan” di Surabaya merupakan “sesuatu banget” yang unik. Biasanya di sini banyak fotografer yang mengambil gambar untuk pre-wedding maupun portfolio saja. Hanya saja, panas dan banyak nyamuk. Jadi siapkan anti-nyamuk oles dan payung. Cuacanya lebih lembab dan panas terutama di siang hari.

Pantai Kenjeran, Jembatan Suramadu dan Bangkalan Madura

Suramadu

Sejak diselesaikannya jembatan penghubung antara Jawa dan Madura ini, beberapa objek wisata di sekitarnya juga ikut naik pamor. Sebut saja pantai Kenjeran. Sebenarnya, kalau menurut GreenTravelers sih, objek wisata berbayar ini (Pantai Kenjeran) bisa dikelola dengan baik, diisi dengan wahana dan permainan yang menarik dan bisa menjadi daya tarik pengunjung. Sayangnya pantai ini tidak dikelola dengan baik dan bahkan menjadi area remang-remang di malam harinya.

Lain halnya dengan Jembatan Suramadu. Beberapa tamu dari luar daerah datang ke Surabaya minta secara khusus diantarkan “melewati” jembatan ini hanya untuk merasakannya.  Tiket tol yang hanya Rp.3000,- (untuk sepeda motor) dan Rp.30.000,- (untuk mobil) sudah bisa membawa kita pergi “keluar Jawa”.

Di Madura, kota pertama yang terdekat yang menjadi favorit orang-orang Surabaya di hari Minggu pagi adalah kota Bangkalan. Banyak sekali wisata kuliner di Bangkalan dan beberapa objek menarik di sana. Sayangnya artikel ini membahas Surabaya. Tunggu ulasannya di GreenTravelers selanjutnya ya.

Secara keseluruhan, Surabaya memang bukan kota se-metropolitan Jakarta. Namun dengan fasilitas lengkap, lokasi wisata yang menarik, keramahan penduduknya, menjadikan Surabaya nyaman untuk ditinggali. Surabaya juga menjadi “pintu gerbang” dari orang-orang daerah timur Indonesia untuk singgah di Jawa, meskipun kadang-kadang Surabaya membuat orang stress karena cuacanya itu.

3 Responses to “Wisata Kota Surabaya”

  1. Ansar March 14, 2012 at 12:24 #

    Wisata religius di surabaya utara juga bagus pak, ada makam sunan ampel. Taman Bungkul juga oke kalo malam, rame sama warga sana.

  2. rini March 1, 2013 at 21:56 #

    di mana ya food festifal itu? apa maksudnya kya kya?

  3. greentravelers March 1, 2013 at 22:04 #

    food festival itu ada di perumahan Pakuwon City (dulunya namanya Laguna). Isinya orang berjualan makanan semua. Kalo kya-kya sudah tidak ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: